Jangan Salah Pilih

Oleh : Ayu Pamanis


Sumber : www.ptotoday.com
Seperti yang kita tahu, 15 Februari 2017 akan diadakan pemilihan kepala daerah yang dilaksanakan serentak di Indonesia. Bagi warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas, memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU), berhak untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada 2017. Sebagai generasi muda kita juga harus “melek" politik karena masa depan bangsa ada di tangan kita.

Nah, kamu sudah ada gambaran tentang calon-calon pemimpin di daerahmu belum? Atau masih bingung mau pilih yang mana? Jangan sampai kita termasuk dalam golongan putih (golput) atau asal pilih karena tidak tau siapa calon pemimpinnya. Padahal Indonesia merupakan negara demokrasi, sangat disayangkan jika kita kehilangan kesempatan untuk menyuarakan hak kita. Lalu bagaimana supaya kita tidak salah pilih?

1.    Cari Tahu
    Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mencari tahu tentang calon pemimpin di daerah kita. Tidak sekadar tahu nama, namun kita perlu tahu latar belakangnya, pengalamannya di bidang politik, dan visi misinya. Cari informasi selengkapnya dari tiap kandidat agar kita dapat mengetahui kelak siapa yang layak memimpin daerah kita.

2.    Ikuti Perkembangan
  Sekarang ini media sosial sangat membantu kita untuk mengetahui informasi terkini. Tak perlu khawatir ketinggalan informasi karena melalui telepon genggam kita bisa mengetahui apa saja. Dengan mengikuti perkembangan calon pemimpin kita di media sosial dan berita online, dapat terlihat bagaimana interaksi tiap kandidat gubernur dengan masyarakat secara tidak langsung melalui dunia maya, maupun secara langsung dengan terjun ke lapangan. Berbagai kegiatan yang dilakukan setiap kandidat menuju pilkada apakah sudah sesuai atau belum dengan visi misi mereka kedepannya. Hal ini dapat membuat kita semakin yakin untuk memilih calon pemimpin yang tepat.

3.    Diskusi
    Diskusi seputar politik dengan teman kita tak selamanya membosankan loh, justru hal ini membuat pikiran kita semakin terbuka. Tanya pendapat temanmu mengenai calon-calon gubernur. Hal ini membuat kita belajar menerima bahwa pendapat orang berbeda-beda dan kita bisa mengetahui penilaian tiap calon gubernur dari sudut pandang orang lain. Kuncinya saat diskusi kita harus bersikap netral supaya tidak menimbulkan perpecahan.

4.    Objektif
   Yang terpenting kita harus objektif. Objektif berarti menilai secara adil, seimbang, dan tidak berat sebelah. Intinya kita jangan mudah terprovokasi atau terpengaruh dengan isu-isu dan kabar burung dari orang lain jika belum jelas kebenarannya. Walaupun calon gubernur itu merupakan kerabat kita,  tetapi jika kinerjanya kurang baik kita harus tetap objektif memilih yang benar-benar berkualitas untuk memimpin ibu kota.
    Itulah beberapa cara untuk menentukan calon pemimpin kita kelak. Mari kita gunakan hak pilih kita untuk Indonesia yang lebih baik kedepannya. Jangan sampai salah pilih ya.

Komentar

  1. Wah makasih ayu atas artikelnya, bagus banget nih tipsnya menjelang pilkada :) ditunggu tulisan berikutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Syintia :) siaap, sering mampir ke blog aku yaa

      Hapus
  2. Wah bagus bgt nih artikel, jadi berpikir 2x buat milih calon pemimpin:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Winda :) benar harus kritis sebelum memilih yaa

      Hapus
  3. Cuma milih satu kali untuk dipimpin selama 5 tahun, emang ga boleh salah nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali jangan sampai salah pilih yaa. Terima kasih sudah mengunjungi blog saya :)

      Hapus
  4. Bermanfaat sekali artikel ini. Terutama buat pilgub dki nih, wajah indonesia dimata dunia

    BalasHapus
  5. Bermanfaat sekali artikel ini. Terutama buat pilgub dki nih, wajah indonesia dimata dunia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Fikri sudah membaca artikel ini dan mengunjungi blog saya. Memang DKI Jakarta sangat menjadi sorotan menjelang pilkada serentak ini, tetapi alangkah baiknya jika media tidak hanya menyiarkan berita pilkada tentang Ibu Kota Jakarta saja. Masyarakat juga perlu tahu calon-calon pemimpin daerah lain dari berbagai wilayah di Indonesia karena ini merupakan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan di seluruh Indonesia.

      Hapus
  6. Menurutku, pilkada serentak ini adalah sebuah momentum penting untuk mencari bibit unggul pemimpin di daerah masing-masing. Apalagi, dengan pemilih yang mayoritas adalah pemuda, harus bisa selektif dan paham seluk beluk calon pemimpinnya. Sebagai kaum mayoritas, anak-anak muda di Indonesia bisa memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat yang masih butuh bimbingan kesadaran politik, dan jadikan kegiatan edukasi ini sebagai kampanye positif-objektif, bukan mengadu domba. Saya yakin, pemuda di Indonesia bisa paham dengan hal ini, semoga bisa membimbing politik Indonesia ke arah yang lebih baik.

    BalasHapus
  7. ada web khusus ga kak, supaya kita tahu calon" pemimpin yg kita pilih nanti?

    BalasHapus
  8. Bermanfaat banget nih bagi yang bingung untuk milih pada saat pilkada.

    BalasHapus
  9. Wah kbutulan bgtt nih bntar lgi mau pilkada serentak

    BalasHapus
  10. Bener juga sih yang dibilang penulis, kalo misalnya kita gak tau background calon pemimpin kita, kelak kalo misalnya ada suatu hal kita jadi merasa bersalah. Satu lagi dengan kita tahu background pemimpin kita, kita akan bisa berpiki objektif untuk memilih pemimpin kita nantinya

    BalasHapus
  11. Inspiring dan mencerahkan pemilih 👍

    BalasHapus
  12. Terimakasih mba ayu atas saran dan masukan nya, sangat bermanfaat bagi kita semua. Semoga kelak kita mendapatkan pemimpin yang jujur dan adil ya mba amiin :)

    BalasHapus
  13. Terimakasih mba ayu atas usul dan saran nya sangat bermanfaat, semoga kelak kita mendapatkan pemimpin yang jujur dan adil amin 🙂

    BalasHapus
  14. Wah bagus nih bermanfaat biar ngga bingung saat pilkada dan biar ngga ujung2nya golput 👌

    BalasHapus
  15. wah bagus sekali, jadi pengen nyalon jadi pemimpin

    BalasHapus
  16. Info kayak gini penting bgt apalagi buat pemilih pemula, tapi krn info kayak gini sering ditulis dgn bahasa yg sulit dimengerti, jadi mereka males baca. Penulisnya keren, bisa buat tulisan dgn tema yg berat jadi ringan dan bisa diterima semua kalangan :)

    BalasHapus
  17. Makasih loh yu. Memang harus di telusuri lebih jauh dan mengenal lebih dekat para calon pemimpin biar ga salah pilih dan kedepannya ga nyesel 👍

    BalasHapus
  18. betul sekali, karena satu suara juga bisa menentukan masa depan daerah kita paling tidak 5 tahun kedepan, partisipasi melalui penggunaan hak suara tidak boleh main main apalagi disepelekan dengan memilih golput, tepat memilih pemimpin berarti tepat menentukan akan seperti apa nantinya daerah kita, artikel yang sangat bermanfaat sekali, ditunggu artikel bermanfaat yang menggugah lainnya yaa

    BalasHapus
  19. nice!! tulisannya sangat berguna bagi buat yang milih nih

    BalasHapus
  20. Artikel sangat berguna untuk saya menggunakan hak pilih dengan bijak

    BalasHapus
  21. sangat bermanfaat ayu artikelnya, tipsnya tepat sekali apalagi saat ini masyarakat kurang tahu tentang calon pemimpinnya jadi point pertama amatlah tepat dan poin berikutnya juga.D Ditunggu artikel berikutnya :))

    BalasHapus
  22. Good!!Sangat bermanfaat semoga pilkada nanti nggak banyak yg golput yaaa:)))

    BalasHapus
  23. wah sangat bermanfaat nih, terima kasih tipsnya :)

    BalasHapus
  24. Good!! Sangat bermanfaat semoga pilkada nanti nggak banyak yg golput yaaa:))

    BalasHapus
  25. Luar biasa untuk sumbangsihnya mba ayu dalam mencurahkan pemikirannya ke dalam artikel ini. Saya mau komen mengenai hal mengikuti perkembangan cagub lewat media sosial. Sebaiknya diingatkan juga bagi para pemilih agar lebih pintar dan cermat dalam menyaring informasi yg disuguhkan, karena belum tentu apa yg dikemukakan di media sosial dan dunia maya itu bisa dipertanggungjawabkan. Terimakasih...

    BalasHapus
  26. wahh bermanfaat sekali infonyaa, jadi gak sabar milih nihh☺️

    BalasHapus
  27. wahh bermanfaat banget infonyaa, jadi gak sabar milihh☺️

    BalasHapus
  28. Nice post nih menjelang pilkada serentak 2017. Next post tentang politik mahasiswa dong biar mahasiswa melek politik juga:)

    BalasHapus
  29. Nice post nih menjelang pilkada serentak. Next post ttg politik mahasiswa dong kak biar mahasiswa juga harus melek politik:)

    BalasHapus
  30. Wiih.. brner juga ni. Soalnya pemimpin yg kita pilih ga boleh sembarangan..

    BalasHapus
  31. Wah betul banget nih harus bener-bener milih yang terbaik buat 5 tahun kedepan!

    BalasHapus
  32. Artikel yang sangat membantu agar nantinya tidak salah dalam menentukan pilihan. Terima kasih informasinya

    BalasHapus
  33. bagus nih biar gak salah milih pilgub

    BalasHapus
  34. jangan salah pilih yaaa ....
    harus tepat (y)

    BalasHapus
  35. Sosial media udah rame juga dgn kampanye para calon gubernur, khususnya gue yg tinggal di Jakarta... Perlu disaring juga informasinya, kadang ada akun yg ngaku berkampanye tapi nyatanya malah menjelekkan calon lain 👌

    BalasHapus
  36. Tipsnya OK banget. Jadi, kita bisa menentukan calon pemimpin yang bisa memimpin sesuai hati nurani.

    BalasHapus
  37. Tipsnya OK banget. Jadi, kita bisa menentukan calon pemimpin yang bisa memimpin sesuai hati nurani.

    BalasHapus
  38. Wah, bagus nih buat "melekin" diri. Tips-tipsnya boleh bgt dilakuin. Nice oneee😁

    BalasHapus
  39. thank you tipsnya! Semoga generas muda bisa membuka mata dan pandangan untuk memilih kepala daerahnya masing2nya

    BalasHapus
  40. Bener bgt, kita sebagai generasi muda ga boleh salah milih. Thank you for sharing

    BalasHapus
  41. Wah bener nih, jangan sampe salah pilih. Tips-tipsnya mantap !

    BalasHapus
  42. Wah cocok sekali jadi petunjuk untuk memilih nanti terutama bagi anak muda. Mantap!

    BalasHapus
  43. Walau ga milih tapi tetap harus tau perkembangan pilgum ibu kota tahun depan, untuk membangun perkembangan Indonesia juga, nice artikel yu:D

    BalasHapus
  44. Ulasannya bagus. Ini ciri pemuda yang kritis...

    BalasHapus
  45. Ay ada tips untuk cari informasi calon2 nya? Karena kita tahu media sekarang banyak yang bias

    BalasHapus
  46. Wah jadi terbuka pemikirannya..
    Sekali harus jangan disesali dalam memilih pemimpin untuk periode yang akan datang
    Pemuda hebat harus memilih dengan cermat

    BalasHapus
  47. Wah jadi makin yakin nih utk menentukan pilihan! Terima kasih yaa, artikelnya sangat inspiratif!

    BalasHapus
  48. semoga orang-orang yang masih bingung menentukan pilihannya bisa yakin dan siap untuk memilih :)

    BalasHapus
  49. penting nih artikelnya buat pilkada februari nanti hehe

    BalasHapus
  50. Hmm menarik, bisa buka pikiran lagi untuk jd pemilih bijak memilih pemimpin yg bijaksana..

    BalasHapus
  51. Informatif sekali mbak Ayu, apalagi untuk saya sebagai warga Jakarta :)

    BalasHapus
  52. Wih sangat bermanfaat sekali artikelnya, jadi gak sabar untuk memilih gubernur nanti:)

    BalasHapus
  53. Good!! Artikel ini membuat anak muda yang sudah mempunyai hak pilih dapat memilih pemimpin yang tepat. Lanjutkan mba ayu!

    BalasHapus
  54. Nice info nih 😄 btw sayang pilkada DKI gabisa milih, ktp bukan jakarta 😢

    BalasHapus
  55. Nice info kak, sangat membantu sekaliii cocok sama situasi sekarang :) :) :)

    BalasHapus
  56. artikel yg cukup baik, mudah dimengerti oleh orang awam. sarannya, artikel ini bisa dipertajam lagi agar lebih spesifik pembahasannya. lalu, bisa dibuat lebih persuasif lagi agar seluruh pemilih pemula (re: yg baru mendapat hak pilih) bisa ikut berpartisipasi dalam pilkada mendatang.

    BalasHapus
  57. semoga kita bisa memilih dengan lebih bijak:)

    BalasHapus
  58. Semoga mendapat pemimpin yg tepat, dan tidak hanya umbar janji

    BalasHapus
  59. Gr8! Tinggal dieksekusi aja tuh poinnya. Semoga pemilih pemula & muda menjadi pemilih cerdas

    BalasHapus
  60. Semoga golongan putih bisa ikut memilih karena membaca artikel mba ayu

    BalasHapus
  61. Artikelnya sangat bermanfaat sekali,khususnya buat saya dan warga Jakarta lainnya. Semoga siapapun yang terpilih nantinya akan menjalankan tugasnya dengan baik. Ditunggu artikel selanjutnya ya:)

    BalasHapus
  62. makasih banget artikelnya. sekarang jadi tau deh gimana caranya memilih pemimpin yang tepat

    BalasHapus
  63. Ternyata untuk memilih sesuatu itu tidak bisa main-main ya..

    BalasHapus
  64. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  65. Wah keren kak artikelnya sangat membantu, apalagi di zaman sekarang kebanyakan dari kita ngga peduli tentang politik seperti ini. Setidaknya artiket ini bisa merubah pandangan kita ke depan kalau anak muda juga harus 'melek' politik ya.

    BalasHapus
  66. nice article. artikel ini mengingatkan saya kejadian beberapa tahun yg lalu saat pemilihan cagub saat saya ingin mencoblos ternyata cagup yang saya pilih tidak ada di kertas. dan ternyata cagup yang ingin saya pilih adalah cagup jakarta sedangkan saya tinggal di tangerang. artikel ini sangat membatu anak-anak muda jaman sekarang yang kurang tertarik akan politik dan juga membuat kita berpikir matang-matang agar tidak salah pilih.

    BalasHapus
  67. Artikel yang pas menjelang pilkada, terima kasih!

    BalasHapus
  68. Artikel yg bagus, menambah wawasan kita mengenai bagaimana mengetahui calon pemimpin yang pas, biar nanti nggak nyesel kalo salah pilih (y)

    BalasHapus
  69. info yang sangat penting bagi pemula untuk bisa memilih pemimpinnya, agar terhindar dari provokasi" dari timses yang mempunyai kepentingan saja. pilihlah dari pilihanmu sendiri.

    BalasHapus
  70. Sangat membantu nih menjelang pilkada

    BalasHapus
  71. pas banget nih sama momen menuju pilgub dki! harus jujur dari hati nurani bagi yang udah bisa milih yaa :)makasih artikelnya

    BalasHapus
  72. Mantap artikelnya! Ditunggu postingan selanjutnyaaa 👍

    BalasHapus
  73. thanks ayu infonya,pilih pemimpin itu memang perlu beberapa kriteria,semoga siapapun yg terpilih bisa amanah dalam menjalankan tugas ya hehe

    BalasHapus
  74. Artikelnya sangat informatis, thanks!

    BalasHapus
  75. Setuju banget sama tulisan ayu, terutama di poin diskusi. Diskusi tentang hal-hal berbau politik bukan hal baru lagi di kalangan mahasiswa. Dengan berdiskusi, kita juga jadi lebih tahu hal-hal baru tentang calon-calon gubernur DKI ini dari mereka-mereka yang pro ataupun kontra. Semoga masyarakat Jakarta bisa cerdas memilih pemimpinnya :D

    BalasHapus
  76. Setuju nih artikelnya, harus cerdas dan bijak memilih pemimpin. Kece👍

    BalasHapus
  77. pas banget nih menjelang pilgub DKI! thanks yaa infonya Ayu :)

    BalasHapus
  78. Kayanya buat poin objektif tuh susah ya, sampe sekarang masih banyak pemilih yang subjektif, blm lagi yang kena "serangan fajar" yaa semoga dengan adanya artikel ini, makin banyak pemilih dan calon pemilih yang lebih cerdas lagi dalam memilih

    BalasHapus
  79. pas banget nih momennya, thanks for sharing...

    BalasHapus
  80. Cari tahu! It's most important. Makasih ayu tips2nya semoga kita bisa dapat memilih pemimpin yang tepat

    BalasHapus
  81. Bagus banget artikelnya apalagi bentar lagi pilkada 👍

    BalasHapus
  82. nice post nih👍🏻masyarakat yang masih bingung mengenai pemilu harus membaca tips2 seperti ini supaya tidak golput & menjadi masyarakat yang cerdas dalam memilih

    BalasHapus
  83. Mantapp kak sangat bermanfaat dan informatif🖒🖒

    BalasHapus
  84. Mantapp kak sangat bermanfaat dan informatif🖒🖒

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemutus Rantai Tikus Berdasi

Membangun Mitra demi Kelangsungan Media